Study Case : Jodoh Finder

11.28


Sesekali pengen nge-post hal yang sedikit berguna. Gatau juga sih ini berguna atau enggak : Study Case ngebuat tugas UAS PPW gua, Jodoh Finder. Bisa dicoba loh di http://mahasiswa.cs.ui.ac.id/~thirafi.dide/jodohfinder (kalau mau singkat pake: http://bit.ly/jodohfinder)

Jadi tugas PPW tahun ini tuh disuruh ngebuat website sederhana dengan framework dan memiliki fitur admin login dan comment. Ada banyak sih poin tugasnya, tapi intinya sih gitu. Mencoba menerapkan apa yang gua pelajari di Gamedev tentang flow suatu proyek, akhirnya gua ngebagi menjadi tiga tahap : pre-production, production, dan post-production :



Pre-Production (6 Desember 2013 - 16 Desember 2013)

Tahap terlama dalam kasus ini (dan katanya sih emang kebanyakan proyek lama di pre-production). Di masa ini gua mulai cari ide mau buat website apa. Sebenarnya sih website yang nampilin komen itu udah cukup buat nilai 100, tapi gua pengen sekalian mencoba belajar-belajar php dan terutama framework, jadi gua nyari sesuatu hal yang simpel tapi cukup wah untuk jadi website.

Beberapa ide yang muncul :

  • Social Network "Timeplan" - Website dimana user bisa nge-share jadwal kegiatan mereka
  • Weather Simulation - Kan disuruh make weather widget. Nah, gua kepikiran bikin website yang nampili suatu tempat dan beranimasi sesuai cuacanya (cerah, hujan, salju, etc)
  • Jodoh Finder - Website iseng bisa nyari jodoh (walau hasilnya pasti 404 jodoh not found) dan bisa nyari kecocokan antara dua nama


Tahap beriktnya adalah reduce risk. Gua buat beberapa prototype di kertas, photoshop, maupun website sederhana, untuk liat mana yang harus gua pilih dan mengurangi resik saat tahap produksi.

Social Network "Timeplan" merupakan wacana gua yang udah cukup lama, dari sejak SMA. Gua udah coba prototyping di kertas sejak lama, memikirkan banyak fitur, dan sebagainya. Di tahap ini gua coba prototyping di photoshop. Hasilnya bagus, sayangnya saat gua coba prototyping jadi website, terlihat resiko terbesar dalam proyek ini : Butuh waktu lama untuk ngebuat bahkan sekedar fitur basic-nya untuk seonggok Yusei yang cupu ini. Akhirnya dengan terpaksa gua ga make ide ini untuk UAS PPW, karena gua juga butuh nilai, dimana PPW menjadi satu-satunya harapan gua buat memperbaiki IP semester ini yang pasti bakal dirusak Matdas 2 dan Statprob, huhuhu *malah jadi curhat*.

Weather Simulation juga gua prototype, dan udah berhasil membuat asset dasarnya dengan cukup memuaskan.

Sayang, walau codeable, tapi asset yang dibutuhkan banyak dan bakal makan waktu lama di pengolahan javascript. Sekali lagi, karena saya hanyalah seonggok Yusei yang cupu, akhirnya gua juga membatalkan rencana ini.

Dan yang tersisa adalah... Jodoh Finder! Yay! karena mudah dibuat (Find Jodoh cuma redirect ke halaman 404 jodoh not found dan cari kecocokan cuma perlu satu fungsi hash) dan asset yang bisa dibuat dengan cepat.

Selai mencari ide, gua juga melakukan beberapa prototyping untuk belajar framework CodeIgniter dan membiasakan diri dengan sistem MVC. Beberapa link yang gua jadikan referensi untuk belajar adalah :

Tutorial : 

Reference :



Setelah prototyping di kertas dengan lengkap, akhirnya gua tutup sesi pre-production ini!

Production (17 Desember 2013 - [Deadline]19 Desember 2013)

Gak terlalu aneh-aneh, gua cuma ngikutin apa yang udah gua prototyping di kertas, dibantu banyak tutorial dari banyak tempat dan juga bantuan teman-teman. Hiks, tanpa kalian website ini tak akan jadi. Masalah utama dari tahap ini adalah gua belum terbiasa dengan MVC, dan ternyata desain MVC website gua banyak yang jelek. Pengen desain ulang dan mulai ulang lagi, tapi gua ingat salah satu nasehat dari http://makegames.tumblr.com/post/1136623767/finishing-a-game Rule #11 : STOP MAKING EXCUSES FOR STARTING OVER. So, be brave and press on!

Beberapa fitur yang gua rencanakan, seperti animasi pas pencarian jodoh dan kecocokan, gua cut karena memakan waktu. Ingat http://pixelated.postagon.com/5g437329d : RESIST ADDING NEW FEATURE.

Masalah lainnya adalah pas mindahin dari localhost, yang menggunakan MySQL, ke kawung.cs.ui.ac.id, yang menggunakan PostgreSQL. Yah, cuma masalah nyari syntax yang bener sih.

Dan gua gagal ngebuat fitur Twitter API buat nilai tambahan. Yasudahlah, udah deadline. KNOW WHEN TO STOP (kembali dari  http://pixelated.postagon.com/5g437329d ).

Beberapa bahan referensi untuk tahap ini :

Article (kebanyakan gamedev, tapi bisa dipakai untuk semua jenis proyek) :


Reference :


Post-Production

PUBLISH TO EVERYONE!!! Udah itu aja, wkwkwk. Share lewat twitter dan facebook. Post ini juga bagian dari post-production.

Semoga berguna! *apanya coba dari post ini yang berguna?*

You Might Also Like

0 komentar

When you think 11 and 12 is close, remember that there is infinite real numbers between them

Still, it's close enough
Diberdayakan oleh Blogger.