Astro Adventure! Development Road, Start!!

20.27

Di Fasilkom UI, gua bukan orang yang jago dalam masalah apapun, sebagai newbie (atau mungkin noob) coder, gak bisa aktif dan socially awkward, tampang pas-pasan, tampilan acak-acakan, belajar musik ga bisa-bisa, main DotA jadi ATM berjalan, main Counter Strike mati mulu, main Yugioh dan Vanguard di-bully, kosan berantakan, jadwal ga ada yang bener, dan hal-hal ancur lainnya. Dan sebagai orang yang biasa aja, gua selalu ngiri ngeliat anak-anak Astro lain yang dewa dalam berbagai hal, dan hampir semua -kalo gak semua- anak Astro jago-jago dalam minimal satu bidang, entah pinter di suatu mata kuliah yang pinternya nyaingin dosennya, dewa-dewa programmer jebolan olimpiade ataupun event-event coding lainnya, jago gitar, jago biola, nyayi suara bagus, sosial mudah, dewa DotA, dewa CS, designer-designer yang selalu menghasilkan design kece, dan masih banyak banget banget banget dewa-dewa lainnya.



Tapi satu hal yang buat gua ngiri banget itu adalah dewa-dewa coding yang jumlahnya membludak di Astro. Setiap mereka ngumpul dan membicarakan hal-hal yang gua ga ngerti, dan setiap mereka membicarakan lomba-lomba yang mereka ikuti dan mereka menangkan, gua makin ngiri. Gua, dalam masalah koding, selalu mencoba untuk belajar lebih baik dari yang lain, bahkan mencoba untuk belajar lebih jauh ke depan dari apa yang dipelajari di kelas. Tapi tetap saja kayaknya gua ga bisa menyamai mereka. Mungkin karena orientasi belajar gua itu untuk bikin game? Sebenarnya ga gitu juga sih orientasi belajarnya, tapi emang salah satu target gua tahun ini adalah mulai mendevelop suatu game sederhana.

Tapi jangankan mulai koding, ide pun belum ada.. hingga akhirnya, semua berubah ketika negara api menyerang gua dapet ide game sederhana saat stress ngerjain quiz DDP. Saat itu gua bener-bener mentok ga bisa ngerjain, saking ga bisa ngerjainnya sampe gua jawab pertanyaan "Apa pengertian dari Auto-Unboxing?" dengan jawaban "Unboxing secara otomatis", dan itu beneran gua kumpulin dengan jawaban ngaco kayak gitu. Daripada mikirin soal yang ga bisa gua jawab, akhirnya ide gua gua tulis di kertas coretan gua. Sederhana banget sih, ga ada unik-uniknya, cuma game side-scrolling arcade gitu, pesawat tembak-tembakan. Tapi gua punya ide untuk menjadikannya 'game angkatan' dengan membuat game yang dibumbui masalah-masalah angkatan Astro! Dan gua namakan...

Astro Adventure!

The Prototype, 50% jadi

Okay, gua tau namanya ga kreatif abis, sesuai banget sama gua. Hari minggunya (iya, pas guanulis ni post) Seharian gua belajar untuk kodingan diselingi main O2Jam, akhirnya prototype hampir jadi! (itu gambar tangan nembak jari cuma buat placeholder doang kok, haha) Pusing juga ngebuat game simpel kayak gini, tapi seru juga belajar banyak hal baru tentang java, terutama penggunaan Graphics2D sama ArrayList. yah, itung-itung buat belajar buat UTS lah, haha

Yah, semoga game ini ga jadi kayak banyak proyek-proyek gua yang ga pernah jadi. Harus berjuang!!

(Catatan ga penting dari orang ga penting (gua) : Pas nulis post ini gua ngeliat di statistik blog ada yang nyasar ke blog ini dari google search dengan keyword "site:blogspot.com fasilkom snmptn". Maaf tak bisa menampilkan apa yang anda harapkan, dan selamat berjuang di SNMPTN!, siapa tau nanti ketemu tahun depan di fasilkom, haha)

You Might Also Like

0 komentar

When you think 11 and 12 is close, remember that there is infinite real numbers between them

Still, it's close enough
Diberdayakan oleh Blogger.