How To Be A Programmer?

12.49

Di Fasilkom, gua seperti kebanyakan mahasiswa baru fasilkom 2012 (angkatan Astro), seorang biasa yang cupu dan baru dalam pemrograman berorientasi obyek dengan kepribadian yang absurd bukan main gilanya. Walau begitu, dengan membawa impian kecil ingin membuat permainan-permainan dan aplikasi-aplikasi berguna, sederhana, dan menyenangkan, gua tetep berusaha untuk belajar di Fasilkom UI ini. Terutama belajar coding, sesuai dengan yang dipelajari di mata kuliah DDP (Dasar-Dasar Penderitaan Pemrograman), jadi gua belajar Java, Java bahasa pemrograman, bukan bahasa jawa ya.

Belajar java selalu mengingatkan gua dan teman-teman satu tim GG Studio (Taufik, Natan, Laila) akan suramnya saat mempelajari J2ME untuk develop game untuk Nokia di MGDW4 (Mobile Games Developer War) . Saat itu saat gua dan Taufik sedang menunggu hasil pengumuman SNMPTN dan mempersiapkan SIMAK UI. Dengan harapan tim acara MGDW4 akan memberikan tutorial pembelajaran dasar membuat game di HP Nokia sesuai yang memang dijanjikan mereka, tim GG Studio pun maju untuk mencoba, tanpa pengetahuan sedikitpun tentang Java. Konsep dibuat dan direncanakan, yang menurut gua udah bagus banget. Tapi ternyata tutorial yang diberikan oleh tim MGDW4 merupakan tutorial untuk orang-orang yang sudah mengerti Java. Akhirnya konsep tinggal sebuah konsep, tim GG Studio bahkan tidak sampai ke tahap Prototype -____-

Walaupun awal percobaan coding gua dengan Java tidak sukses, tapi gua masih terus mencoba! Berharap dapat menemukan tutorial-tutorial bagus untuk menciptakan game sederhana dengan Java, gua selalu mencoba googling, hampir tiap minggu ada satu hari gua nyari situs tutorial yang bagus dan newbie-friendly. Sampe sekarang gua masih belum menemukan situs yang bagus, tapi ada satu yang cukup menarik, yaitu http://zetcode.com/tutorials/javagamestutorial/, tutorial Java untuk permainan sederhana 2D Side-Scrolling, sejenis permainan Mario. Itu yang terbaik gua temukan, walaupun butuh lebih dari dua bulan konsentrasi dan googling pengetahuan tambahan untuk mengerti tutorial tersebut, itu pun belum selesai gua baca tuh tutorial.

Tapi setelah mempelajari hal tersebut, gua jadi merasa kalo gua nyari yang bener-bener ngajarin secara cepat membuat permainan dari bahasa Java langsung untuk pemula yang ga tau apa-apa, gua adalah orang yang sangat malas. Dari mempelajari tutorial dari zetcode tersebut, gua jadi banyak ngerti hal-hal konsep dan dasar karena selalu searching hal-hal baru untuk dimengerti. Mungkin memang begini seharusnya bagaimana programmer belajar : Mandiri mencari tahu. Akhirnya dengan senangnya gua berhasil menciptakan program sederhana yang merupakan step awal untuk develop game, sebuah program sederhana yang menampilkan gambar yang dapat bergerrak sesuai tombol arah. Sederhana memang, tapi itu hasil dari pembelajaran gua di kelas dan hasil searching sendiri, dan selesai dengan tulisan kode gua sendiri! Yeah! Gua yang cupu ini merasa berhasil naik level menjadi .... agak cupu! Hahaha.

My first step towards game development!!

Yah, gua berharap impian kecil gua dapat gua wujudkan, dan jalan yang gua pilih - menjadi programmer dan belajar di Fasilkom UI ini - memang pilihan terbaik yang harus gua pertanggungjawabkan. seperti kata guru bimbel fisika gua di NF, Mas Piet, yang terpenting usaha, gak peduli berhasil atau tidaknya, yang penting usahanya dulu! Jadi, bukan "Semoga sukses", tapi..

Ganbatte!

You Might Also Like

0 komentar

When you think 11 and 12 is close, remember that there is infinite real numbers between them

Still, it's close enough
Diberdayakan oleh Blogger.